Gurih-Gurih Renyah si Ayam Pipa

Di resto ini racikan ayam kampung disajikan apik dengan rasa lezat mengelus lidah. Ayam kampung yang dipanggang dengan aksen asap yang wangi tampil cokelat kuning menggiurkan. Kulitnya krenyes renyah dengan daging ayam yang lembut gurih. Dicocol saus hoisin dan disuap dengan nasi hainan yang pulen semerbak. Aduhai sedapnya!

Sudah agak lama saya mengincar resto Chicken Village yang punya menu ayam sebagai andalan ini. Sehari menjelang berakhirnya tahun 2009 barulah saya benar-benar meluangkan waktu untuk mampir. Berlokasi di lantai  dasar Sumarecon Mall Serpong, tepat di ujung dengan area alfresco dining, resto ini mudah dikenali.

Interiornya memakai kayu sebagai sentuhan alami, juga dengan meja kursi kayu yang sederhana dan unik, Dinding kaca yang mengelilingi resto memberi pandangan ke luar yang lepas dan luas. Area makan di bagian luar juga tersedia buat mereka yang ingin merasakan tiupan angin.

Menu yang jadi andalan utama resto ini adalah Beggar’s Chicken alias ayam pengemis. Ayam kampung yang dibumbui lalu dipanggang dalam balutan tanah liat sehingga rasanya sangat lembut enak. Apalagi tanah litanya dibentuk menyerupai celengan ayam, sangat memikat. Kisah tentang si ayam pengemis ini dibeberkan pada halaman pertama buku menu yang besar.

Kali ini saya tak memilih si ayam pengemis karena porsinya terlalu besar untuk dimakan berdua. Sebagai gantinya saya memilih Roasted Pipe Chicken. Pilihan ayam dan bebek yang lain juga tak kalah menarik. Peking duck, roasted crispy duck, apple chicken, ayam rebus, dan chicken lung kong.

Dalam daftar menu juga ada beragam jenis hidangan Cina lainnya seperti dim sum, sapi lada hitam, gurami asam manis, udang goreng gandum, hingga sup Szechuan. Untuk melengkapi ayam pipa, udang masak lada hitam, dan tumis buncis pedas pun saya pesan berikut nasi hainan.

Setengah ekor ayam pipa disajikan di piring oval dengan garnish cantik. Warnanya kuning dengan semburat cokelat gosong di berbagai sisinya. Aroma gurih wangi asap yang lamat-lamat langsung menusuk hidung. Saus hoisin, saus gula, saus cabai merah, dan saus cabai goreng disajikan sebagai pelengkapnya.

Sekali gigit langsung terasa kres-kres bagian luar kulit ayamnya sangat renyah kering bahkan terlepas dari dagingnya. Setelah dicocol sedikit saus cabai daging ayam yang lembut gurih terasa sangat alami enak. Tak ada tetesan lemak berlebihan dan daging ayam sungguh garing tak ada jejak air atau lemak. Ini menandakan proses pemanggangan yang lama dan cermat.

Udang windu yang dimasak dengan saus lada hitam juga sangat menyengat aromanya. Udang ukuran besar dikupas dan dibelah punggungnya. Menemani si udang ini ada irisan cakue yang digoreng kering. Semuanya dibalut saus merica hitam yang kental merata. Terus terang tonjokan lada hitam yang segar pedas sangat terasa kuat.

Yang mengejutkan saya justru tampilan nasi hainan yang menemani santapan ini. Warna nasinya cokelat tua, bukan cokelat lamat-lamat seperti lazimnya nasi hainan. Saat disuap sangat terasa aroma rempah yang wangi enak dan rasa nasipun jadi lebih gurih sedap. Nasi hainan ini jadi pasangan pas buat ayam pipa yang wangi.

Buncis tumis pedas ala Szechuan disajikan dalam porsi cukup royal. Baby buncisnya cukup banyak dengan serpihan daging sapi cincang yang dibumbui cabai. Tidak ada jejak minyak berlebihan meskipun buncis digoreng sebelumnya. Rasa pedasnya juga tak terlalu mengganas. Saat ditambah cocolan saus cabai goreng yang hitam pedas justru rasanya makin enak.

Resto ini cocok untuk acara makan bersama keluarga untuk bermalam tahun baru nanti. Apalagi dari dalam resto bisa dinikmati live music dari panggung yang berlokasi tak jauh dari resto ini. Sambil berinternet juga bisa dilakukan karena area ini dilengkapi dengan free hot spot. Selamat makan enak, selamat tahun baru!

Chicken Village
Summarecon Mall Serpong, Ground Floor
Jl. Boulevard Gading Serpong
Sentra Gading Serpong, Tangerang
Telpon: 021-54203209

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: