Menyiapkan Hot Chocolate Enak

Jakarta – Di saat cuaca agak dingin berangin, secangkir cokelat panas bakal jadi minuman penghangat yang enak.  Tak sekedar cokelat bubuk plus susu yang dilartukan dan disajikan panas tetapi ada beragam variasi aroma dan penyajian yang bisa dibuat. Apa saja variasinya? Bagaimana membuat cokelat panas yang enak? Temukan tipsnya berikut ini!

Cokelat : Yang dinamakan cokelat panas adalah larutan cokelat bubuk (drinking chocolate) dengan susu atau krim segar dan ditambah gula. Karena itu bahan utama yang paling penting adalah cokelat. Cokelat yang biasa dipakai adalah jenis cokelat bubuk atau cooking chocolate, jenis yang sweet atau bittersweet. Pilihlah cokelat yang berkualitas bagus agar cita rasa cokelat panas lebih enak, kuat aroma dan rasa cokelatnya. Jenis cokelat bermutu bisa diperoleh di pasar swalayan besar seperti merk Van Houten, Dorste atau Lindt.

Susu dan Krim: Untuk membuat cokelat panas dipakai campuran susu sapi segar (bisa fullcream atau skim atau low fat) atau krim segar (fresh cream). Pilihan jenis susu tergantung selera. Pilihlah susu yang berkualitas agar rasa cokelat panas lebih gurih enak. Gunakan campuran dengan perbandingan sesuai dengan kepekatan cokelat panas yang diinginkan. Masaklah susu atau krim dengan cokelat bubuk atau cooking chocolate di atas api kecil hingga semua butiran cokelat larut dan mendidih. Angkat segera dan tuang ke dalam cangkir.

Aroma dan Rasa: Selain rasa cokelat yang alami, cokelat panas juga bisa diberi aroma mint, vanili, almond atau jeruk. Caranya dengan menambahkan duan minta segar, vanili bubuk atau batangan, atau irisan kulit jeruk Navel. Bisa juga dengan memakai sirop almond, sirop walnut atau sirop madu sebagai penambah rasa dan aroma. Jika suka aroma rempah tentu saja bisa ditambahkan kayu manis batangan, jahe segar, kapulaga atau klabet. Rebus rempah kering dan segar bersama dengan susu dan cokelat, bairkan mendidih beberapa saat lau saring.

Sentuhan akhir: Agar penampilan cokelat panas menggiurkan, semprotkan sedikit whipped cream pada permukaannya atau taburkan sedikit cokelat bubuk pada permukaannya. Cokelat panas harus disajikan dalam keadaan panas. Nikmati saat cokelat sudah mulai menjadi hangat agar terasa lebih gurih wangi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: